PENGERTIAN AKUNTANSI
Akuntansi (accounting) adalah :
Sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis,
memproses data menjadi laporan dan mengomunikasikan hasilnya kepada para
pengambil keputusan.
Akuntansi merupakan “bahasa bisnis”, hal ini dikarenakan produk utama dari
akuntansi adalah serangkaian dokumen yang disebut laporan keuangan. Laporan
keuangan (financial statements) melaporkan
tentang suatu bisnis dalam istilah (bahasa) moneter.LAPANGAN KHUSUS AKUNTANSI
Ada beberapa bidang spesialisasi akuntansi dalam praktiknya, dan bidang yang paling sering ditemui adalah akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial. Bidang yang lainnya meliputi akuntansi biaya, akuntansi lingkungan, akuntansi pajak, sistem akuntansi, akuntansi internasional, akuntansi untuk organisasi nonlaba, dan akuntansi sosial.
-Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) sangat terkait dengan pencatatan dan pelaporan data dan aktivitas ekonomi suatu perusahaan. Selain laporan ini berguna bagi manajer, laporan ini juga menjadi laporan utama bagi pemilik usaha, kreditor, badan pemerintah, dan masyarakat.
-Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting) menggunakan akuntansi keuangan maupun data estimasi untuk membantu manajemen dalam menjalankan aktivitas operasional harian dan merencanakan aktivitas operasional di masa depan. Akuntan Manajemen memperoleh dan melaporkan informasi yang relevan dan tepat waktu untuk keperluan pembuatan keputusan yang dilakukan oleh manajemen.
Apakah mereka terlibat dalam akuntansi keuangan ataupun akuntansi manajerial, para akuntan dipekerjakan baik oleh perusahaan atau kantor akuntan publik.
-Akuntan Swasta (Private Accountant) atau cukup disebut sebagai Akuntan adalah Akuntan yang bekerja di perusahaan atau organisasi nirlaba.
-Akuntan Publik (Public Accountant) adalah Akuntan yang memberikan jasa untuk mendapatkan imbalan atau honor (fee).
LAPORAN KEUANGAN
Laporan Keuangan (Financial Statement) utama
perusahaan terdiri atas :
- Laporan Laba Rugi (Income Statements)
- Laporan Ekuitas Pemilik (Statement of Owner’s Equity)
- Neraca (Balance Sheet)
- Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flows)
Menyiapkan laporan keuangan dengan
urutan laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik, neraca dan laporan arus kas
adalah penting karena laporan keuangan saling terkait satu sama lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar